Cara Membaca Busi Anda di Mesin Dua Stroke

Untuk mesin dua langkah, memiliki busi segar sangat penting. Jadi Anda harus sering memeriksa steker Anda.

Dengan "membaca" warna steker, Anda dapat mengetahui banyak hal tentang bagaimana mesin bekerja. Bagian atas busi baru ditutupi dengan isolasi keramik putih. Jika mesin Anda berjalan dengan sempurna, maka bagian steker ini akan segera menjadi warna cokelat. Jika colokan Anda berwarna abu-abu atau putih, daripada Anda tahu bahwa mesin Anda berjalan terlalu ramping dan Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan mesin. Pertama, bersihkan sistem bahan bakar Anda, cari penyumbatan apa pun. Kotoran dalam karbohidrat Anda dapat menyebabkan sepeda berjalan ramping. Periksa campuran bahan bakar Anda untuk melihat apakah Anda mencampur minyak dan bahan bakar dalam proporsi yang benar (50 bagian bahan bakar hingga 1 bagian minyak). Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan campuran minyak dan bahan bakar yang bekerja dengan baik menjadi kurang ideal. Merek gas dan minyak serta densitas udara dapat mempengaruhi seberapa baik campuran itu bekerja.

Kondisi lean juga bisa disebabkan oleh udara segar yang memasuki mesin di suatu tempat yang seharusnya tidak. Jadi Anda harus mencari baut manifold longgar, kebocoran di karburator, gasket rusak dan kebocoran di crank seal. Anda mungkin juga perlu mengganti ke jet karburator yang lebih besar.

Jika busi Anda berwarna hitam atau berminyak dari itu berarti mesin berjalan terlalu kaya dan tidak membakar bahan bakar dengan benar. Masalah ini dapat disebabkan oleh terlalu banyak minyak dalam campuran bahan bakar dan minyak dan / atau memiliki busi rusak yang salah tembak. Pertama, Anda harus mencari tahu apakah busi adalah masalahnya. Untuk melakukannya, sentuh ujung elektroda steker ke mesin sambil menarik starter. Jika percikan yang dihasilkan berwarna biru, maka Anda tahu bahwa Anda memiliki steker yang berfungsi penuh. Pasang steker dan jalankan sepeda selama beberapa menit. Kemudian hentikan sepeda, cabut busi dan lihatlah. Jika steker gelap dan berminyak, maka Anda tahu bahwa masalahnya bukan steker Anda. Anda harus memeriksa campuran minyak dan bahan bakar Anda. Jika mesin sepeda tersandung, suara tersumbat atau tidak berjalan jelas daripada Anda mungkin ingin mendapatkan jet karburator yang lebih kecil.

Meskipun Anda harus secara teratur memeriksa busi Anda, penting untuk memeriksa steker Anda setelah semua jenis modifikasi mesin untuk memastikan mesin tidak berjalan terlalu ramping. Untuk penggunaan standar, sumbat benang pendek NGK B7HS dan B9ES colokan ulir panjang direkomendasikan. Untuk digunakan dalam kompetisi, sumbat benang pendek NGK B7HS-10 dan colokan ulir panjang NGK BR9EIX direkomendasikan.

Pertama periksa kumparan Anda untuk percikan yang sehat. Gunakan sumbatan segar dan giling elektroda ke mesin sambil menarik starter – percikan harus berwarna biru yang sehat. Jika demikian, pasang steker segar, dan operasikan sepeda secara normal selama beberapa menit, lepaskan steker baru dan "bacalah". Jika masih tampak menghitam atau berminyak, masalahnya terletak di tempat lain. Steker yang lebih panas tidak disarankan – pastikan bauran bahan bakar Anda benar, dan pertimbangkan jet yang lebih kecil hanya jika sepeda tersandung atau terdengar "penuh ingus" dan tidak berjalan jernih. Mengoperasikan sepeda Anda sedikit terlalu kaya tidak akan menyakitinya – tetapi terlalu ramping tidak pernah bagus. Sedikit kotoran dalam karbohidrat Anda dapat menyebabkannya menjadi ramping, dan Anda bahkan tidak akan tahu mengapa sepeda Anda berjalan begitu bagus dan segar sampai disita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *